Minggu, 06 Mei 2012

DEFENISI INFORMATIKA FARMASI


Assalamu alaikum...postingan saya hari ini adalah informatika farmasi,,,tapi cuman defenisinya aja....untuk tujuan, manfaat dan lain-lainnya terkait informatika farmasi akan nyusul...hehehehe..^_^ So seperti biasa let's read!!!!

Informatika farmasi adalah ilmu yang berfokus pada obat sebagai data dan ilmu pegetahuan yang menjamin kesinambungan sistem pelayanan kesehatan termasuk pengembangan, penyimpanan, analisis, penggunaan dan deseminasi dalam penyaluran obat yang optimal terkait pelayanan pasien dan keluaran kesehatan.
Informatika farmasi berfokus pada penerapan teknologi untuk apoteker dalam mendukung, merampingkan, meningkatkan alur kerja, meningkatkan keselamatan pasien dengan praktik terbaik dan sistem yang handal. Setelah adanya pengakuan tentang peran apoteker yang meningkat pesat dalam penggunaan informasi kesehatan dan sistem manajemen.
Informatika farmasi, juga disebut sebagai pharmaco informatics, adalah aplikasi komputer untuk pengambilan, penyimpanan dan analisis obat dan informasi resep. Informatika farmasi bekerja dengan sistem informasi manajemen farmasi yang membantu apoteker membuat keputusan yang sangat baik tentang terapi obat pasien sehubungan dengan, catatan asuransi kesehatan, interaksi obat, serta informasi resep dan pasien.
Informatika farmasi mempelajari tentang:
1.    Interaksi antara manusia dan proses kerjanya
2.    Rekayasa sistem dalam perawatan kesehatan dengan fokus pada perawatan farmasi
3.    Meningkatkan keselamatan pasien
        Informatika Farmasi dapat dianggap sebagai sub-domain/bagian dari disiplin profesional yang lebih besar dari informatika kesehatan.Beberapa defenisi informatika farmasi mencerminkan hubungan antara informatika farmasi dengan informatika kesehatan. Sebagai contoh, Health Information Management Systems Society (HIMSS) mendefinisikan informatika farmasi sebagai, "bidang ilmiah yang berfokus pada pengobatan yang berhubungan dengan data dan pengetahuan dalam sistem kesehatan, termasuk akuisisi,penyimpanan,analisis,penggunaan dan pengembangan obat serta pengiriman obat yang optimal terkait perawatan pasien dan hasil kesehatan”.

Jadi,

Informatika farmasi adalah ilmu yang berfokus pada obat sebagai data dan ilmu pegetahuan yang menjamin kesinambungan sistem pelayanan dan informasi kesehatan termasuk pengembangan, penyimpanan, analisis, penggunaan dan deseminasi dalam penyaluran obat yang optimal terkait pelayanan pasien dan keluaran kesehatan, yang penerapannya menggunakan teknologi berupa aplikasi komputer (pharmaco informatics).
 
 Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca postingan saya.....^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar